18 March 2012

Tips Mengatasi Baterai Handphone Cepat Habis

Tips Mengatasi Baterai Handphone Cepat Habis

Masalah baterai cepat habis tentu saja sangat mempengaruhi kenyamanan dalam penggunaan. Namun, perlu dipahami juga, hal ini bisa diakibatkan oleh beberapa faktor.
Penyebab pertama yang kerap mengakibatkan baterai cepat habis adalah kondisi fisik baterai yang memang sudah rusak. Biasanya dari bentuk tampilan luar bisa jelas terlihat. Kondisi baterai mengembung, keluar cairan, mengindikasikan baterai telah usang.

Kedua, kondisi pemakaian yang sangat aktif sehingga memaksa handphone normal sekalipun akan menghabiskan baterai dengan cepat. Misalnya, handphone dipakai melakukan panggilan secara terus-menerus, melakukan pengiriman pesang singkat secara sering, atau munkin juga menjalankan aplikasi video, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah Tips Mengatasi Baterai Handphone Cepat Habis:




1. Persingkat Waktu Pengecasan
Cara yang paling efektif melakukan pengecasan yakni apabila ponsel dalam kondisi mati. Tapi ingat, lakukan hal ini apabila sobat benar-benar tidak dalam kondisi menunggu telepon penting, misalnya selepas jam kerja.

2. Hindari gonta-ganti SIM
Setiap kali mengganti SIM, berarti ponsel sobat harus dimatikan dan pada awal dihidupkan akan meloading sistem ponsel dan melakukan pencarian sinyal operator. Pekerjaan ini membutuhkan daya yang besar.

3. Matikan vibrator dan lampu latar
Jika sobat berada dalam ruangan yang bisa dipastikan bisa menderngar bunyi dering ponsel dengan jelas, tak ada salahnya mematikan vibrator. Begitu juga dengan lampu latar, sebisa mungkin diatur agar tidak aktif pada siang hari.

4. Hindari penggunaan fitur yang tidak perlu
Fitur ponsel yang makin beragam membuat penggunaan baterainya pun makin boros. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menggunakan fitur yang tak diperlukan. Misalnya, mengaktifkan flash kamera pada siang hari atau mengaktifkan Bluetooth padahal tidak digunakan.

5. Hindari ponsel dari bentukan & percikan air
Salah satu sebab baterai boros karena adanya hubung singkat (korsleting). Korsleting ini bisa disebabkan karena ponsel sering terjatuk atau terkena cairan. Untuk mengurangi efek negatifnya, sebaiknya gunakan pelindung.

6. Pastikan Sobat di mode GSM
Ponsel 3G umumnya memiliki pilihan seting jaringan GSM, dual mode dan 3G only. Bila sobat tak sedang menikmati fasilitas 3G, disarankan untuk menggunakan mode GSM saja. Pengaturan ini ada di pilihan “Jaringan”

7. Jangan biarkan baterai habis
Untuk tipe baterai Lithium Ion dan Polymer waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai benar-benar habis. Jadi begitu ada peringatan baterai lemah, silahkan langsung dicas.

Sekian Tips dari saya, semoga sobat semua paham apa yang saya bahas diatas.Sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment

Maaf Jika Ada Kata Yang Tidak Sopan/Spam Tidak Akan Saya Publikasikan.
Terimakasih