1 March 2012

Ubah Lebar Kolom Template

Ubah Lebar Kolom Template

Lagi-lagi soal template nih. Mungkin ada beberapa dari sobat sekalian ada yang merasa sangat menyukai suatu template, akan tetapi ada ganjalan yakni lebar kolom yang ada tidak sesuai keinginan kita, baik itu lebar kolom sidebar atau pun mainbar (kolom tempat posting). Ada kalanya lebar kolom dari suatu template di rasa terlalu lebar ataupun terlalu sempit, nah jika sobat mengalami hal yang demikian, lumayan nih ada tips buat mengakalinya supaya lebar kolom menjadi sesuai dengan keinginan kita sendiri. 

Untuk mengetahui lebar kolom suatu template, kita bisa mengenalinya melalui style sheet CSS nya. Akan tetapi tentu saja ada perbedaan antara satu template dengan template yang lainnya, ini tentunya terserah kepada si designer template nya sendiri. Sebagai contoh untuk bagian header, jika menurut standar template blogger di dalam style sheet CSS nya di namakan header, akan tetapi untuk template-template hasil buatan designer lain di luar blogger ada yang menamakan Banner ataupun nama-nama yang lainnya. Sebuah nama tentu tidak akan berpengaruh terhadap hasil yg di dapat, nama ini di pakai hanyalah agar mudah untuk di ingat atau di kenali oleh sang pemakai template apabila ingin melakukan editting template. 

Agar tidak terlalu membingungkan, saya ambil contoh template minima 3 kolom yang bisa di download di sini !.Setelah melihat perkembangannya ternyata template ini banyak yang menyukainya. Jika sobat tidak puas dengan lebar kolom pada template tersebut, silahkan deh ikuti tips berikut biar lebar kolomnya sesuai dengan keinginan sobat. Dimanakah letak kode-kode untuk mengatur lebar kolom ? saya berikan contoh : 


#header-wrapper {
width:900px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}

#outer-wrapper {
width: 900px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:justify;
font: $bodyfont;
}
#main-wrapper {
width: 435px;
margin-left: 20px;
margin-right: 20px;
float: left;

}
#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
}
#newsidebar-wrapper {
width: 200px;
float: left;
}


Seperti yang terlihat pada kode-kode diatas, yang mempengaruhi lebar kolom adalah yang saya cetak merah.Width tentu saja dalam bahasa indonesia adalah lebar, jadi gampangkan untuk mengenalinya. 900px adalah nilai lebar yaitu sebesar 900 pixel. 

Agar lebih faham, kode-kode diatas saya uraikan : 

#header-wrapper {
width:900px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}

Ini artinya header-wrapper mempunyai lebar sebesar 900px dan mempunyai border (saya artikan border adalah bingkai atau garis tepi) sebesar 1 pixel dengan garis yang solid (solid = garis penuh. dashed = garis putus-putus. dotted = garis berupa titik-titik) dengan warna border yang bisa di ubah-ubah (pada bagian font dan warna). 

header-wrapper adalah hanya penamaan saja, tidak mutlak. Jika di ganti dengan nama kepala juga tidak apa-apa. width:900px; berarti lebarnya sebesar 900 pixel. nah nilai 900 pixel inilah yang bisa di ubah sesuai keinginan sobat, mau ditambah nilainya biar lebih lebar, atau di kurangi biar lebih kecil. Akan tetapi saran saya, nilai dari header ini harus sama dengan nilai dari lebar body agar terlihat bagus. border:1px solid $bordercolor; adalah agar bagian header mempunyai garis tepi sebesar 1 pixel, jika ingin lebih tebal sobat tinggal tambahin nilainya, atau jika sobat menginginkan garis tepi ini tidak ada maka sobat hapus saja kode ini. 



#outer-wrapper {
width: 900px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:justify;
font: $bodyfont;
}

Ini artinya outer-wrapper mempunyai lebar sebesar 900px, jarak sela sebesar 10 pixel dengan align nya adalah rata kiri-kanan dan jenis huruf yang bisa di ubah-ubah melalui panel huruf dan warna. 

outer wrapper hanyalah nama saja. width:900px; berarti lebarnya 900 pixel. 900 pixel ini adalah lebar yang di sediakan untuk kolom-kolom yang ada, sebut saja dalam hal ini kolom main-wrapper, sidebar-wrapper, dan newsidebar-wrapper. Jadi dengan kata lain outer wraper adalah hasil penjumlahan lebar kolom main-wrapper, sidebar-wrapper, dan newsidebar-wrapper. Apabila sobat memasukan content yang melebihi lebar kolom masing-masing, maka secara otomatis pula melebihi spek dari lebar yang di sediakan oleh outer wraper dan yang terjadi adalah salah satu kolom akan melorot ke bawah dan ini membuat blog kita menjadi kurang sedap untuk di pandang mata. Jadi apabila sobat ingin mengubah lebar salah satu kolom di antara yang tiga, maka lebar dari outer wraper pun harus di ubah dan di sesuaikan. 


#main-wrapper {
width: 435px;
margin-left: 20px;
margin-right: 20px;
float: left;

}

Ini artinya kolom main-wrapper mempunyai lebar sebesar 435 pixel dengan margin kanan sebesar 20 pixel, margin kiri 20 pixel dan kolom ini di letakan sebelah kiri. 

main-wrapper adalah kolom halaman posting, apa-apa yang kita posting maka akan masuk ke halaman ini.width: 435px; berarti lebar kolom ini sebesar 435 pixel, tapi karena menggunakan margin-left dan margin-right, maka lebar kolom sebenarnya adalah sebesar 475 pixel. Akan tetapi yang 40 pixel hanyalah jeda saja agar batas kolom menjadi terlihat tidak bersentuhan. Apabila sobat merasa kolom ini terlalu sempit atau kekecilan, maka sobat bisa menambahkan nilai, contoh 550 pixel. Apabila sobat berniat merubah kolom ini, kolom outer-wraper pun harus di tambah nilainya. contoh tadi apabila main-wrapper ingin menjadi 550 pixel, maka 550px-475px=75px. ini berarti kolom outer-wraper harus di tambah sebesar 75px, jadi 900px+75px=975px. 


#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
}

Ini artinya kolom sidebar-wrapper mempunyai lebar sebesar 220 pixel dan di tempatkan sebelah kanan layar.

Kolom sidebar-wrapper adalah kolom sidebar atau kolom tempat di mana kita menyimpan berbagai aksesoris atau yg lainnya. width: 220px; berarti mempunyai lebar sebesar 220 pixel, apabila ingin di persempit atau di perlebar, maka kita hanya perlu mengubah nilai pixelnya saja. Cuma apabila merubah nilai kolom ini, jangan lupa untuk mengubah nilai space yang di sediakan oleh outer-wraper. contoh : apbila kolom ini ingin diperbesar menjadi 250pixel maka tambahan pixel adalah sebesar 30 pixel, nah jangan lupa untuk menambahkan pula pada kolom outer-wraper. 

#newsidebar-wrapper {
width: 200px;
float: left;
}


Ini artinya kolom newsidebar-wrapper mempunyai lebar kolom sebesar 200 pixel dan di tempatkan pada layar sebelah kiri. 

Seperti halnya sidebar-wrapper, kolom newsidebar-wrapper pun adalah tempat menyimpan berbagai aksesori ataupun blog tool. kolom ini di buat agar kita bisa lebih banyak memuat berbagai aksesori yang kita inginkan. Kolom newsidebar-wrapper ini lebarnya sebesar 200px, nah bila berniat merubahnya maka tinggal merubah nilai pixelnya saja, tapi jangan lupa untuk menambahkan pula pada kolom outer-wraper.

No comments:

Post a Comment

Maaf Jika Ada Kata Yang Tidak Sopan/Spam Tidak Akan Saya Publikasikan.
Terimakasih